Mengenal Penyebab Mata Iritasi dan Cara Mencegahnya


Mengenal Penyebab Mata Iritasi dan Cara Mencegahnya

Mata iritasi bisa terjadi pada siapa saja, dan seringkali membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengenal penyebab mata iritasi dan bagaimana cara mencegahnya.

Salah satu penyebab utama dari mata iritasi adalah paparan debu dan polusi udara. Menurut dr. Veronica Wijaya, SpM, polusi udara dapat menyebabkan iritasi pada mata karena partikel-partikel kecil di udara dapat masuk ke mata dan menyebabkan peradangan. “Jika terus menerus terpapar polusi udara, maka risiko iritasi pada mata akan semakin besar,” kata dr. Veronica.

Selain itu, penggunaan lensa kontak yang tidak steril juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Menurut dr. Tania Sari, SpKK, lensa kontak yang tidak bersih dapat menyebabkan infeksi pada mata. “Jika tidak membersihkan lensa kontak dengan benar, bakteri dan kotoran dapat menempel pada lensa dan menyebabkan iritasi pada mata,” jelas dr. Tania.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mata iritasi. Pertama, hindari paparan debu dan polusi udara sebisa mungkin. Gunakan kacamata atau topi untuk melindungi mata dari debu dan polusi udara. Kedua, pastikan untuk membersihkan lensa kontak dengan benar sebelum dan setelah digunakan. Jangan lupa juga untuk mengganti lensa kontak sesuai dengan waktu yang disarankan.

Mengetahui penyebab mata iritasi dan cara mencegahnya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Jika mata terus-menerus iritasi, segera konsultasikan dengan dokter mata terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.