Kiat Mengurangi Risiko Penyakit Mata


Kiat Mengurangi Risiko Penyakit Mata

Kesehatan mata adalah hal yang penting untuk diperhatikan agar kita dapat melihat dunia dengan jelas. Namun, risiko penyakit mata bisa mengintai siapa saja. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui kiat mengurangi risiko penyakit mata.

Menurut dr. Tania Setiawati, seorang dokter mata dari Rumah Sakit Mata Aini, risiko penyakit mata dapat dikurangi dengan menjaga kebersihan mata. “Membersihkan mata dengan air bersih secara teratur dapat membantu mencegah infeksi dan iritasi,” ujarnya.

Selain menjaga kebersihan mata, dr. Tania juga menyarankan untuk menghindari paparan sinar UV yang berlebihan. “Sinar UV dapat merusak mata dan meningkatkan risiko terkena katarak. Oleh karena itu, gunakan kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari langsung,” tambahnya.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya antioksidan juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata. Menurut Prof. Dr. Yudhi Dwi Laksono, seorang ahli gizi dari Universitas Indonesia, “Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.”

Tak hanya itu, dr. Tania juga menekankan pentingnya pemeriksaan mata secara teratur. “Pemeriksaan mata rutin dapat mendeteksi dini berbagai masalah kesehatan mata, seperti glaukoma atau degenerasi makula,” tuturnya.

Dengan mengikuti kiat mengurangi risiko penyakit mata tersebut, kita dapat menjaga kesehatan mata dengan baik. Jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter mata jika mengalami keluhan yang berhubungan dengan mata. Kesehatan mata adalah investasi bagi masa depan kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.